Sinergi dan Kolaborasi dengan 14 PTMA dan 5 PTN pada Program PPM/KKN/PkM Kemitraan Internasional PTMA Angkatan 8

Kuala Lumpur, 27 Juli 2023

ALPTK PTMA terus berhikmat untuk ummat, berkarya untuk anak bangsa, dan berkinerja secara global dalam kerangka memajukan pendidikan dan memberdayakan masyarakat untuk semua. Pada tanggal 27 Juli 2023 berlokasi di Aula Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia telah dilaksanakan penerjunan KKN internasional. Hadir pada kegiatan tersebut Prof. Dr. Muhammad Firdaus, S.P, M.Si (Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Malaysia), Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Ibu Frini Napasti, S.Pd, M.Pd). Kegiatan turut di hadiri oleh dosen pendamping, dan para pimpinan Perguruan Tinggi dari mahasiswa yang diterjunkan. Tampak hadir pada kesempatan tersebut diantaranya: Beni Suhendra Winarso S.E., M.Si (Kepala Bidang Pengabdian kepada Masyarakat dan KKN UAD), Prof. Dr. Tatang Herman, M.Ed (Dekan FPMIPA UPI), Dr. Alimul Muniroh,M. Ed (Rektor Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan), Dr. Buna’i, M.Pd (Wakil Rektor II IAIN Madura), Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti (Ketua LPPM Universitas Jenderal Soedirman).

Pelaksanaan KKN Internasional di Kuala Lumpur diikuti oleh 118 mahasiswa dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah, Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta Lain. Kegiatan penerjunan diawali sambutan dari Beni Suhendra Winarso S.E., M.Si mewakili Asosiasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah. Pada sambutannya Beni menyampaikan pesan kepada mahasiswa untuk mensukseskan program program KKN yang telah disusun dengan tetap menjaga nama baik diri dan Almamater. Selain itu program akan lebih banyak diarahkan pada pendampingan Sanggar Belajar yang ada di bawah naungan dan Koordinasi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Program program harus inovatif dan sesuai dengan kebutuhan dari masing masing sanggar lokasi kegiatan KKN Internasional.

Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. Muhammad Firdaus, S.P, M.Si sebagai Atdikbud memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk terus memberikan motivasi kepada anak anak Indonesia yang belajar di sanggar agar terus mau belajar dan mengenalkan Indonesia. pesan mengenalkan dan menguatkan rasa Cinta Indonesia. Prof. Dr. Muhammad Firdaus, S.P, M.Si juga berterima kasih kepada Muhammadiyah yang telah memberikan beasiswa kepada puluhan anak untuk menlanjutkan di sekolah Muhammadiyah, sekaligus berharap mereka juga mendapat kesempatan beasiswa kuliah di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Pada kesempatan itu, Atdikbud juga meminta beberapa mahasiswa untuk menyanyikan lagu Hari Merdeka sebagai upaya untuk mengenalkan lagu Indonesia kepada anak anak di sanggar belajar nantinya. Kegiatan penerjunan ditutup dengan doa Bersama yang dipimpin oleh guru dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Pada saat yang sama terdapat 7 mahasiswa dan 4 dosen dari 4 PTMA yang melaksanakan KKN/PkM/PPM KI PTMA di sejumlah lokasi di wilayah Penang diterima oleh jajaran Konsulat Jenderal (Konjen) RI di kantor KJRI Penang. Pada kesempatan tersebut, perwakilan KJRI menyampaikan pentingnya menghadirkan pendidikan untuk semua dan pemberdayaan masyarakat global agar dapat beradaptasi dengan perkembangan dunia. Acara penyerahan mahasiswa di kantor KJRI Penang diwaliki oleh Siti Nur Azizah.

Program KKN/PkM/PPM Kemitraan Internasional ini hakikatnya untuk memandirikan dan mendewasakan mahasiswa PTMA ke kancah global. Program unggulan bereputasi internasional yang dimotori oleh ALPTK PTMA ini dalam setahun ini sudah dilaksanakan sebanyak 8 kali atau angkatan dengan melibatkan lebih dari 400 mahasiswa dan lebih dari 100 dosen yang berasal dari lebih 100 PTMA. Keunggulan program ini adalah kolaborasi, sinergi, dan dilaksanakan secara berkelanjutan dalam kurun waktu yangcukup. Keunggulan akademik program ini adalah dihasilkannya buku ber-ISBN, presentasi dan sertifikat konferensi internasional, publikasi pada prosiding, dan publikasi pada jurnal baik naional maupun internasional. Demikian disampaikan oleh Koordinator Progra, Prof. Harun Joko Prayitno yang sekaligus Ketua ALPTKPTMA dan Wakil Rektor Bidang Akademik UMS Surakarta. Harapannya ke depan program ini dapat dilanjutkan oleh perguruan tinggi secara meluas dan dilaksanakan di berbagai destinasi internasional yang lebih luas dengan tetap mempertimbangkan ketepatan sasaran.
Semoga@alptkptma.

Updated: July 31, 2023 — 5:23 am
Asosiasi LPTK PTM © 2016 Back to Top